Senin, 05 Maret 2012

ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA

Zat Adiktif dan Psikotropika

Halo, gan! Lagi gak ada kerjaan nih gua, mending ngeblog. iya, gak? Disimak ya...

Jadi, zat adiktif adalah zat-zat kimia yang dapat mengakibatkan ketagihan atau kecanduan bagi penggunanya. Contohnya ya kayak narkoba dan kawan-kawannya, gan. Kayak yang disamping, gan.







Nie jenis-jenis zat adiktif

Narkotika


Nie jenis narkotika berdasarkan bahannya, gan.

Narkotika alamiah yaitu narkotika yang berasal dari alam dan dapat berupa tumbuh-tumbuhan. Contohnya heroin, kodein, morfin, sama ganja.




Gambar disamping tuh gambar daun ganja, gan!








Habis itu ada narkotika semisintesis yaitu narkotika yang dihasilkan dari proses modifikasi zat kimia yang bahan dasarnya berasal dari opium. Wah..kayak mobil aja dimodifikasi.

Yang ketiga, narkotika sintesis yaitu narkotika yang murni merupakan hasil produksi laboratorium, misalnya meperidin (demerol)







Terus ada jenis narkotika berdasarkan golongannya

Narkotika yang termasuk golongan opiate adalah opium, morfin, heroin, dan putaw. Efek samping penggunaan narkotika jenis ini adalah gangguan pernapasan, susah tidur, kejang, mual, mulut kering, pernapasan sakit, gelisah, ketakutan, dan mengeluh seakan mau mati. Wah, ngeri, gan!
Gambar disamping itu gambar bubuk heroin.


Narkotika yang termasuk golongan mariyuana adalah ganja. Efek samping penggunaan narkotika jenis ini adalah keluhan psikis maupun fisik, gelisah, takut, curiga, mudah marah, kerusakan otak, dan kemandulan.


Ganja


Ganja merupakan zat adiktif (narkoba) dari golongan kanabionoid. Ganja terbuat dari daun, bunga, biji, dan ranting muda tanaman mariyuana, gan. Tanda-tanda putus dari ganja adalah sukar tidur, hiperaktif, dan hilangnya nafsu makan. Kalo tanda-tanda overdosis ganja adalah ketakutan, daya pikir menurun, denyut jantung dan nadi tak teratur, napas tidak teratur, dan mendapat gangguan jiwa. Wah..wah..wah..


Opium dan Kokain


Opium merupakan narkotika golongan opioida. Opium dikenal dengan sebutan candu, morfin, heroin, dan putaw.
Kokain  diperoleh dari hasil ekstraksi daun tanaman koka. Zat ini dipakai sebagai anestetik (pembius), gan. Efek sampingnya yaitu suka bicara, perasaan gembira yang meningkat, menjadi gaduh dan gelisah, mengamuk lalu mengantuk, malas, daya pikir menurun, serta bicara dan tindakan lambat. Efek jangka panjangnya lebih serem lagi, gan! Yaitu pernapasan tidak teratur, hilang kesadaran, ketakutan, penurunan berat badan, bahkan bisa mati. Wow.


Psikotropika


Bahan alamiah maupun sintetik yang dapat memengaruhi mental serta perasaan, penghayatan, dan tingkah laku seseorang. Jenis-jenisnya, yaitu :

  • Depresan
  • Stimulan 
  • Halusinogrn
  • Rokok
Manfaat Narkotika

Ternyata, jika tidak disalah gunakan, narkotika juga mempunyai berbagai manfaat, gan. Misalnya :

  • Morfin, untuk menghilangkan rasa nyeri yang hebat dan mengurangi rasa tegang pasien sebelum dilakukan proses pembedahan.
  • Heroin, menghilangkan refleks batuk.
  • Barbiturat, menghilangkan rasa cemas sebelum proses pembedahan atau operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar